Legenda Geografi Antar Guru SMA Nasima Juara

MENDORONG anak belajar geografi ataupun membaca peta gampang-gampang susah. Sering kali minat itu kendor saat mempelajari berbagai konsep dasar geografi yang kadang membikin pusing. Tapi hal ini bukan lagi jadi masalah bagi guru geografi dari SMA Nasima Semarang Wahyu Deni Ariani SPd.

Konsep proposal yang diajukannya dengan membuat Buku Legenda Geografi berhasil membawa Deni menjadi salah satu pemenang Citi Success Fund (CSF) 2009 yang diumumkan di Patra Semarang Convention Hotel, Rabu (28/7/2010).

Program tahunan yang memberikan dukungan finansial bagi guru SMA untuk pembelajaran kreatif dan inovatif ini dilaksanakan oleh Yayasan Hope Indonesia dan Citi Peka sejak tujuh tahun lalu.

Selain Deni, guru asal Semarang lain yang berhak atas hadiah uang tunai Rp 5 juta dan untuk sekolah masing-masing Rp 10 juta adalah Sutiyana SPd dari SMA Karangturi yang menawarkan program katalog Dolanan Tradisional Semarang.

Sulitnya mendorong belajar Geografi membuat Deni berupaya mengajak siswa untuk menonton VCD cerita legenda Nusantara dan meminta siswa menyampaikan pesan moral. Lalu disiapkan 45 cerita legenda yang merupakan tugas pelajaran geografi tentang 10 konsep dasar geografi di antaranya lokasi, jarak, keterjangkauan, diferensiasi areal, dan konsep keterkaitan ruangan.

Salah satu juri regional A Zaini Bisri yang juga Redaktur Senior Suara Merdeka mengaku kesulitan menyeleksi 110 proposal yang masuk tahun 2009. Namun dengan berbagai pertimbangan, konsep yang dianggap matang akhirnya berhasil didapatkan. Selanjutnya Zaini yang sudah tiga tahun terakhir menjadi salah satu juri regional akan digantikan oleh Murdiyatmoko (Suara Merdeka) untuk CSF 2010.

Hendra D Tanzil selaku ass manager Wintel Site Manager Citi Technology Infrastructure dan Semangat Sembiring sekaligus meluncurkan CSF 2010 di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Bali. (Modesta Fiska-75)

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/07/29/118550/Legenda-Geografi-Antar-Guru-SMA-Nasima-Juara

Posted via email from ahmadiethaha

Share:

Tidak ada komentar: