Shalawat dan Tarhim Radio Assyafiiyah

Tinggal di rumah berdampingan dengan Masjid al-Inabah, Pancoran Barat XI, Jakarta Selatan, saya selalu dibangunkan untuk shalat malam oleh suara panggilan yang datang dari corong masjid. Setelah kita shalat malam, corong masjid yang sangat keras terdengar selalu menyetel tilawah al-Qur'an selama beberapa menit, kemudian disusul dengan lantunan puji-pujian kepada Nabi Muhammad S.a.w, sebelum dilanjutkan dengan bacaan tarhim.

Karena para guru di masjid ini mayoritas Betawi yang pernah berguru ke Kyai Abdullah Syafii, maka dalam berbagai praktek keagamaan mereka berkiblat ke sang guru. Dalam pemilihan bacaan sebelum atau doa-doa sesudah shalat, mereka mengacu ke Kyai Abdullah Syafii. Begitu kuatnya pengaruh Kyai Abdullah Syafii ini, sehingga pengurus Masjid al-Inabah tak jarang memutar kaset ceramah beliau atau merelai siaran Radio Assyafiiyah di corong Masjid. Termasuk bacaan sebelum atau sesudah shalat Subuh, biasanya direlai dari Radio Assyafiiyah.

Bertahun-tahun saya menikmati bacaan sebelum dan sesudah shalat Subuh itu, tapi saya merasa agak sulit menangkap kata-katanya lebih jelas, padahal saya cukup akrab dengan khazanah sastra Arab. Ada sejumlah kalimatnya yang bisa begitu jelas bisa saya tangkap. Misalnya, kalimat "Ya wahidan bayna khalqilLahi laysa lahu fi al-mursalina wa fi al-akhbari min tsani." Kalimatnya begitu jelas, karena suaranya memang ditinggikan. 

Suara bacaan puja-puji terhadap Nabi Muhammad S.a.w yang dilantunkan sebelum tarhim menjelang shalat Subuh dari Radio Assyafiiyah itu terasa enak didengar, tapi sulit saya cerna isi keseluruhannya. Sampai akhirnya tadi pagi, saya berusaha mencari asal-muasal puja-puji terhadap Nabi S.a.w tersebut di Internet. Saya coba menelusurinya berdasarkan kata-kata yang bisa saya dengar dengan jelas, yang saya tulis dengan huruf Arab. Setelah mencoba menelusuri dari beberapa kaca kunci, akhirnya saya menemukan bahwa syair puja-puji itu berasal dari kitab Nafh al-Thib fi Madhi al-Habib (نفح الطيب في مدح الحبيب) karya penyair Makkah terkemuka, Sayyid Muhammad Amin Kutbi. Syairnya yang lengkap terdapat di halaman 22-24 buku itu, tapi beberapa bait darinya tidak dilantunkan, namun di beberapa bagian ditambahkan dengan bacaan shalawat pada Nabi. Teks lengkapnya sebagai berikut:

هذي العناقيد من كرمي وبستاني === وهذي الأغاريد من شدوي وألحاني
ظن الخليون أنا مثلهم ، كذبوا ==== فما الخلي وذو الأشجان سيان
لولا الغرام لما غنت مطوقة ==== على قضيب ولا طير على بان
يا حادي الركب هذا ما قصدت له ==== من المدينة فانزل بين جيران
فالمصطفى بهجة الدنيا وحجتها ==== ومركز الوحي من نور وبرهان
آياته تملأ الأسماع موعظة ==== وتملأ الكون من نور وعرفان
يا واحدا بين خلق الله ليس له ==== في المرسلين وفي الأخبار من ثاني
هذا الورى صفحة بيضاء قيمة ==== وأنت عنوانها يا خير عنوان
هذا الورى فيه أخلاق منوعة ==== أخلاقك الغر فيها خير ميزان
يا حبذا مجلس ذكر الحبيب به ==== روح لروحي وتفريج لأحزاني
من فاته أن يرى المختار فلير ما ==== أبقاه من سنة عظمى وقرآن
يا طيبة الخير أرجواالعود ثانية ==== إليك باليسر في أهلي وإخواني
إن كان يشتاق مشتاق إلى سكن ==== فأنت شوقي وفي ذكراك تحناني
لقيت من أهلك الإكرام مطردا ==== فكل أهلك يهواني ويرعاني
لهم علي أياد لا أسجلها ==== لهم على مهجتي إلا بشكران
يا أهل طيبة فزتم بالذي عجزت ==== عنه الجماهير من قرب ورضوان
الله فضلكم لما أحلكم ==== في ساحة يرتجيها كل إنسان
بحسبكم في جوار المصطفى وطن ==== إذاانتمى الناس أشتاتا لأوطان
صلى عليه الذي أعلاه منزلة ==== بين النبيين لم تدرك بحسبان
والآل والصحب وألأتباع ما سجعت ==== ورق الحمام على دوح وأغصان

- Tarhimnya bisa didengar di sini:

Share:

Tidak ada komentar: