Omega-3 Makanan Otak

Satu fakta yang tidak dapat disangkal, di antara semua barang di toko kelontong, gula satu -satunya barang jualan yang secara independen terkait dengan depresi dan kecanduan serta sindrom metabolik. Dan, seperti telah kita catat, tak diragukan lagi bahwa itulah jalan termurah menuju kesenangan, namun sekaligus jalan paling pasti menuju ketidakbahagiaan.

Tapi jangan takut, tampaknya ada satu makanan yang bisa mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh gula pada otak serta meningkatkan biokimia dan proses yang dapat mempengaruhi kita untuk kebahagiaan. Dan mungkin tidak mengherankan, kehadirannya dalam makanan berkorelasi positif dengan triptofan, namun berkorelasi negatif dengan gula. 

Apa bahan kimia ajaib ini? Itulah asam lemak omega-3, di antara semua yang ada. Memang ini satu jenis lemak, sesuatu yang diberitahu harus kita hindari empat puluh tahun yang lalu. Barang selain itu cukup sulit didapat dalam diet Barat. Mungkin inilah alasan lain mengapa kebahagiaan telah menjauhi begitu banyak dari kita.

Omega-3 hadir dalam dua rasa utama: asam eicosopentanoic (EPA) dan asam docosohexaenoic (DHA). Semua orang mengira kedua omega-3 ini ditemukan pada ikan. Ya, tetapi ada beberapa kualifikasi untuk pernyataan itu. Ikan tidak membuat omega-3; ikan makan omega-3. Sebaliknya, omega-3 dibuat oleh tanaman berdaun hijau baik di laut atau di darat. 

Alga merupakan sumber omega-3 terbaik. Ikan memakan alga. Kita makan ikannya. Jadi kita membeli omega-3 dari tangan kedua, dan dengan harga premium untuk manfaat tinggi. Tapi hanya ikan liar yang memakan alga. Sementara ikan budidaya memakan pelet. Terkadang peletnya dibuat dari ikan lain, yang meski memakan ganggang alga, namun cukup encer. Terkadang peletnya terbuat dari jagung. Karena ikan yang dibudidayakan lebih gemuk - lihat, itu juga terjadi padanya! - ia memiliki kandungan omega-3 sedikit lebih tinggi, tetapi kandungan omega-6nya (yang mendorong peradangan) sangat tinggi; jadi ikan liar merupakan pilihan yang lebih mahal tetapi lebih cerdas.54

Literatur pop seputar omega-3 telah ditulis dan disebarkan ke orang-orang yang mengeluarkan kapsul minyak ikan. Ungkapan penuhnya: Saya juga. Bahkan ada preparat omega-3 murni yang tersedia dengan resep (Eovaza), tetapi harganya sangat mahal dan biasanya tidak ditanggung oleh asuransi. Faktanya, saya merawat anak-anak dengan trigliserida darah sangat tinggi - cukup tinggi untuk menyebabkan pankreatitis akut spontan, yang merupakan bencana besar dengan komplikasi yang mengancam jiwa. Omega-3 yang dimurnikan merupakan pengobatan pilihan yang pasti - dan asuransi perusahaan tetap tidak akan mengotorisasi pembeliannya.

Jadi apa yang ada di balik makanan super ajaib ini yang melakukan begitu banyak hal? Omega-3 dimasukkan ke dalam membran sel di seluruh tubuh Anda. Ia meningkatkan fluiditas membran, yang berarti memungkinkan terjadinya deformasi sel dengan mudah, memungkinkannya menyehatkan kembali, bukannya memecah. Ia mencegah penuaan sel dan kematian sel dini. Ia juga memungkinkan nutrisi dan hormon melewati sel membran, dan memungkinkan racun meninggalkan sel dengan cepat. 

Tidak ada tempat di tubuh kita y ang memiliki fungsi khusus ini yang lebih penting dari di otak. Misalnya, omega-3 membantu memperbaiki kerusakan pada membran yang dihasilkan oleh glukosa, dan terutama fruktos. 55 Itu semua baik dan bagus , tapi apa hubungan omega -3 dengan serotonin , atau dengan promosi kebahagiaan , dalam hal ini? Ternyata omega -3 memberi dampak kesejahteraan mental pada kita dalam dua cara yang berbeda tetapi terkait.56

1. Omega-3 memiliki efek tidak langsung pada pelepasan serotonin dari saraf terminal di seluruh otak. Ketika area di sekitar saraf terminal melepaskan serotonin meradang, menghambat pelepasan serotonin (kunci) dan bahkan lebih sedikit yang mampu mencapai reseptor (key) di seberang sinapsis. Ini mungkin menjelaskan mengapa orang-orang yang tubuh dan otak mereka mengalami peradangan cenderung sangat mudah tersinggung,57 bahkan jika mereka menggunakan SSRI. Bahkan ada lebih sedikit serotonin untuk mereka tangani. Tapi omega-3 menghambat pembentukan sel inflamasi,58 yang mungkin memungkinkan transmisi serotonin yang lebih baik.59

2. DHA, salah satu omega-3, merupakan prekursor kelas molekul yang disebut endocannabinoids (ECs) - ganja versi otak dan tubuh.60 Seperti yang telah kita diskusikan mengenai rimonabant di Bab 2, kita memiliki reseptor spesifik untuk ganja, yang disebut reseptor CB1, yang ada di mana-mana di seluruh wilayah otak. Senyawa aktif dalam ganja yang dikenal sebagai tetrahydrocannabinol (THC) mengikat reseptor CB1 ini untuk meningkatkan suasana hati dengan mengurangi kecemasan, yang menjelaskan mengapa orang begitu pusing ketika dia merokok ganja. 

Ternyata neuron kita membuat neuromodulator mirip ganja yang disebut anandamide, yang mengikat reseptor CB1, yang dirancang untuk mengurangi tingkat kecemasan kita. Apa pun yang menghambat sintesis anandamide atau tindakannya akan meningkatkan tingkat kecemasan Anda beberapa kali lipat, sementara apa pun yang meningkatkan tindakan anandamide akan membuat Anda tetap dingin seperti mentimun.

Sebagian besar dari kita cenderung mengalami kecemasan dan stres; dorongan ekstra hunian reseptor CB1 Anda dengan merokok ganja mungkin menghilangkan sebagian dari kecemasan itu, jika Anda tidak rentan terhadap paranoia saat benar-benar mabuk. Dan, seperti yang Anda mungkin harapkan, karena tingkat stres dan kecemasan kolektif kita terus meningkat, tingkat kebahagiaan kita terus menurun. Peningkatan kecemasan merupakan salah satu alasan meningkatnya jumlah pothead secara nasional 61 dan memberikan penjelasan rasional mengapa legislasi ganja rekreasi menyebar ke seluruh Amerika Serikat. Anandamide kita sendiri jelas tidak cukup untuk menjinakkan binatang buas itu lagi. Kenapa tidak?

Omega-3 adalah bagian dari mesin pensinyalan endocannabinoid. Kekurangan omega-3 tidak memungkinkan endocannabinoid untuk bertindak seperti biasanya pada sistem yang ada, sehingga menyebabkan lebih banyak kecemasan dan depresi.62 Tetapi kebalikannya juga tampaknya benar: kita dapat memperbaiki masalah ini dengan suplementasi omega-3. 

Menurut salah satu penelitian, diet Mediterania memperbaiki gejala depresi.63 Apakah itu omega-3? Atau lebih sedikit makanan olahan yang sarat gula? Satu studi menunjukkan bahwa omega 3 setara dengan efek Prozac dalam mengobati depresi, dan kombinasi lebih efektif dari salah satunya saja.64 Dalam penelitian terkait, pemberian omega -3 pada pasien dengan tindakan melukai diri sendiri yang berulang (misalnya , memotong, mencungkil, menggaruk, membakar -ekspresi utama dari kecemasan) menunjukkan pengurangan bunuh diri, depresi, dan stres sehari-hari.65 

Percobaan baru-baru ini dilakukan dengan memberi omega-3 bersama dengan mineral untuk anak-anak berusia sebelas tahun yang mengalami gangguan perilaku atau gangguan penentangan oposisional (orang-orang yang secara rutin menemukan diri mereka harus menghadap ke kantor kepala sekolah), dalam tiga bulan agresi mereka berkurang, dan jauh lebih baik dari terapi bicara.66 

Terakhir, konsumsi omega-3 dapat membantu menangkal depresi pada anak-anak67 dan orang dewasa,68 serta dapat berfungsi sebagai tambahan untuk SSRI dalam penanganannya.69 Dan inilah hadiah yang terus diberikan-atau haruskah saya katakan itu hukuman yang terus mendera? Apa yang ibu Anda makan menentukan perbedaan dalam diri Anda.

Banyak ibu yang menyatakan bahwa kesehatan dan kebahagiaan anaknya merupakan yang terdepan dari tujuan hidup mereka. Apa yang Anda makan saat hamil memainkan peran besar dalam menentukan masa depan anak Anda. Kekurangan omega-3 selama kehamilan pada tikus mengubah otak anak dengan cara yang mengacaukan sinyal insulin dan tingkat faktor pertumbuhan otak, yang semuanya mengarah pada peningkatan perilaku kecemasan.70 Ini memiliki implikasi langsung bagi kita semua. Apa yang kita katakan pada wanita hamil untuk tidak dia makan? Seafood, makanan laut - karena kekhawatiran akan keracunan merkuri. Padahal, konsumsi makanan laut ibu-ibu di duga telah menghasil peningkatan perkembangan saraf pada anak-anak Inggris.71 

Apakah kita membuat lebih banyak masalah ketimbang menyelesaikannya? Nah, mungkin kita bisa mengatasi masalah ini dengan memberi ibu hamil beberapa kapsul omega-3; jika kita melakukannya, hasil perkembangan saraf anak-anak dan pencegahan risiko ibu untuk depresi dapat ditingkatkan.72 Penelitian baru menunjukkan bahwa kenari mungkin juga bermanfaat.73
Share:

Tidak ada komentar: