Hati-hati, Jaga Anak2 Saat Shalat Jamaah

Ini ttg anak2 madrasah atau sekolah yg shalat jamaah di Masjid Inabah Pancoran, atau mungkin masjid lainnya, tiap hari, saat Dhuhur atas Asar. Sy lihat, mereka lari2 kesana-kemari, teriak2, bicara keras, guyon sesama teman, pokoknya kacau, seperti tdk diurus.

Menurut sy, krn mrk msh berada di jam sekolah,  maka kepsek dan para guru mestinya bertanggung jawab penuh atas perilaku anak saat disuruh shalat jamaah. Harus.

Yg sy takutkan, azab Allah akan turun pd anak2 yg tiba2 menyalahi aturan shalat, sprt bicara2 sesama kawan, senda gurau, atau berjalan lewat di depan orang yg sdg shalat.

Dlm hadits pernah disebut kisah, seorang anak lewat di depan Nabi, sdh dicegah, tp tetap lewat sehingga terbetik doa agar anak itu sakit (kalau gk salah lumpuh). Akhirnya betul, anak itu sakit selama hayatnya. Nadzubillah.

Haditsnya:
Rasul Mulia S.a.w sedang shalat. Lalu seorang anak yang memiliki tabiat jelek memotong shalat beliau dan lewat di depan beliau. Maka, beliau berdoa:
اللَّهُمَّ اقْطَعْ أَثَرَهُ
"Ya Allah, hentikan langkahnya."
Anak kecil itu kemudian lumpuh tidak bisa berjalan, dan terus demikian keadaannya. Dia mendapatkan balasan dari perbuatan buruknya.
(Sunan Abu Daud 1/188, Sunan al-Baihaqi 2/275)

Tlng pihak sekolah dan ortu bertanggung jawab atas anak2nya yg disuruh shalat ke masjid.

Share:

Tidak ada komentar: