Berlatih Budidaya Lele di CheriaFarm/CheriaAgro


Dari membaca artikel tentang TB Haeru Rahayu, yang dimuat harian Kompas hari ini (29/8/2014), saya semula tertarik mendalami budidaya udang. Dosen yang satu ini menemukan teknologi busmetik, cara sederhana memberi peluang bagi para mahasiswanya untuk membudidayakan udang di lahan di bawah seribu meter. Selama ini, budidaya udang harus dikelola "sangat serius" di lahan hektaran.

Tapi, berhubung lahan yang dibutuhkan masih luas juga untuk ukuran Jakarta, akhirnya saya menunda budidaya udang, sampai nanti saya mendapatkan lahan yang lebih luas. Kebetulan, di dalam artikel Kompas tadi terdapat penjelasan bahwa Haeru Rahayu juga mengembangkan budidaya lele dengan teknologi bioflock. Lha, teknologi apalagi nih? Tak ada penjelasannya yang rinci di Kompas, saya pun mencarinya di Internet.


Rupanya, teknologi bioflock sudah banyak dipraktekkan dan dilatihkan di mana-mana. Menurut majalah Trobos Aqua (Edisi 18 [15 November-14 Desember 2013]), budidaya ikan lele sistem bioflok sudah banyak dibudidayakan para peternak di kawasan Pantura Pemalang–Pekalongan, Jawa Tengah. Mereka membesarkan lele super intensif dengan aplikasi teknologi bioflok, manajemen pakan yang baik, pemilihan strain ikan yang tepat, dan pemilihan probiotik yang handal.

Yang membuat saya terkagum-kagum, budidaya lele dengan teknik ini dapat menghasilkan keuntungan cukup tinggi. Dengan luas tanah tidak lebih dari 100 m2, masih menurut Trobos, mereka mampu memproduksi lele konsumsi sebanyak empat ton per bulan. Keuntungan kotor mencapai Rp 8–10 juta. Wow.

Akhirnya saya putuskan mencari lembaga yang menyediakan pelatihan budidaya lele dengan teknik bioflok. Semula saya tertarik dengan pelatihan yang disiapkan Farm Biofloc-165 Depok. Tapi saya sudah punya jadwal kegiatan untuk tanggal 31 Agustus. Akhirnya, saya mencari lagi tempat pelatihan yang lain, hingga ketemulah CheriaFarm/CheriaAgro, yang menyediakan pelatihan serupa pada Sabtu, 30 Agustus, besok.

 

Saya lebih tertarik ikut pelatihan di CheriaFarm, selain karena gratis, lebih-lebih karena CheriaFarm sudah mempraktekkan budidaya lele tersebut di tengah kota Jakarta. Tepatnya, di bilangan selatan Jakarta, yakni di Jalan Mawar II No.36 Rt 06 Rw 14 Bintaro, Rempoa, Jakarta Selatan.

Kolam CheriaFarm:
Jalan Mawar II No.36 Rt 06 Rw 14 Bintaro,
Rempoa, Jakarta Selatan
Telp 021-73888872
0878-9964-1375
0812-9014-8052
0857-180-989-32
Share:

Tidak ada komentar: