Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) Jambi, 1-9 Sep 2014

Insan pesantren akan berpesta di Jambi, 1-9 September 2014. Pestanya bukan makan-makan, tapi pesta baca kitab kuning, melalui lomba kepandaian membaca sejumlah kitab rujukan yang sudah lama digunakan di pondok-pondok pesantren. Pada umumnya, kitab-kita itu gundul alias tanpa harakat.

Ratusan santri dari berbagai pelosok Tanah Air akan mengikuti lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), yang kali kelimanya ini diadakan di Pondok Pesantren As'ad, Olok Kemang, Kota Jambi. Selain MQK, juga diadakan pertemuan para kyai dan diskusi para sarjana tentang pesantren. 

Program ini merupakan kegiatan nasional bagi para santri di pondok pesantren, yang semula dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Selanjutnya, kegiatan ini diselenggarakan tiga tahun sekali. Kegiatan ini juga dibuat sebagai upaya perhelatan para santri dalam meningkatkan prestasi akademik mereka khusnya dalam kajian kutubut turast (kitab kuning) yang selama ini menjadi primadona atau ke-khasan dalam kajian keilmuan di pondok pesantren.

Setiap provinsi diberi peluang yang sama untuk mengirimkan satu kafilah yang terdiri dari sebanyak maksimal 55 orang. Mereka terdiri dari 40 peserta majelis kitab kuning, 6 orang peserta debat, dan ditambah 9 orang official/pendamping. Jadi, dapat dibayangkan ramenya acara yang berlangsung selama satu pekan ini.

Jenis kegiatan yang diselenggarakan dalam even MQK ini secara garis besar terbagi ke dalam dua: 

1. Kegiatan Inti, yaitu lomba: 
a. Lomba Membaca dan Memahami Kitab Kuning 
b. Lomba Debat Bahasa Arab 

2. Kegiatan Penunjang: 
a. Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren Se-Indonesia; 
b. Sarasehan dan Musyawarah MQK; 
c. International Conference Of Pesantren Studies (ICPS); 
d. Bazar dan Pameran Produk Pondok Pesantren; 
e. Diskusi Kepesantrenan dan Kitab Kuning; 
f.  Panggung Apresiasi Seni; 
g. Media Center MQK. 

Sebelum Anda pergi ke sana, silahkan baca dan download buku petunjuknya di sini:
http://issuu.com/ekertas/docs/juklak_mqk_jambi_sep2014?e=1120557/9079312
https://www.mediafire.com/folder/2mx5kjjd5jwi2/MQK


Share:

Tidak ada komentar: